Automotif

Warna Beda Buat Yamaha YZF-R1 2012


TOKYO - Yamaha YZF-R1 2012 sudah diperlihatkan Yamaha kepada publik otomotif global. Yamana masih memiliki kejutan lain yakni skema warna berbeda untuk YZF-R1 2012.

Yamaha menelurkan tiga skema warna berbeda. Teknis grafis pewarnaan yang kreatif, membuat motor seperti lebih segar.

Model ini akan hadir pada awal tahun 2012 dengan lebih dulu diluncurkan di Brasil. Beberapa hari yang lalu, Yamaha mengungkapkan gambaran tentang YZF-R1 2012 langsung dari pabrik.

Bebeda dengan tiga model yang hanya berganti baju, R1 telah mengalami peningkatan disektor mesin. Electronic Control Unit (ECU) motor ini telah diseting ulang. selain itu R1 juga telah dilengkapi sistem kontrol traksi (traction control system /TCS) yang dapat disetel hingga enam tipe berkendara.

Sementara ubahan lain ada pada bagian hidung, hal tersebut untuk membedakan dengan model 2009-2011. Selain itu pelindung anti panas pada knalpot juga telah mengalami penyegaran. Yamaha dikabarkan hanya memproduksi sebanyak 2000 unit di dunia dan akan segera dipasarkan dalam waktu dekat.
(zwr)

Yamaha YZF-R6 Berbaju ala MotoGP
Septian Pamungkas - Okezone


TOKYO - Yamaha telah menyiapkan empat model dalam rangka menyambut ulang tahun ke-50 partisipasi di ajang balap Grand Prix. Salah satu modelnya adalah YZF-R6. Motor sport berkapasitas 600 cc ini akan mendapat baju baru seperti yang dikenakan motor Jorge Lorenzo dan Ben Spies saat beraksi di kejuaraan MotoGP di seri Laguna Seca dan Assen. Lantas apa saja yang dimiliki motor ini, mari kita lihat lebih jauh.

Aura sporty begitu kuat terpancar dari diri R6. Sudut-sudut lancip yang menginsyaratkan keagresifan begitu terlihat dalam motor ini. Hal tersebut diwujudkan pada spakbor, cover headlamp, fairing sampai buritan. Tampilan R6 dengan baju baru tersebut dapat dipastikan akan semakin berkarakter. Terlebih lagi R6 menjadi salah satu produk andalan Yamaha dikelas motorsport kelas menengah.

Pada rangka, R6 diperkuat sasis Deltabox alumunium yang menawarkan keseimbangan sempurna sehingga lincah dan ringan saat digunakan. Sasis ini terinspirasi inovasi MotoGP dimana Yamaha menyebutnya Straight Frame Concept.

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara tentunya harus memiliki suspensi yang berkualitas. Disektor depan berdiri tegak shock upside down 43mm dan shock Monocross dibelakang untuk menaklukan getaran atau guncangan saat melintasi jalan bergelombang.

Sistem pengereman, R6 menggunakan cakram ganda 310mm yang dijepit dengan kaliper empat piston lansiran Brembo untuk bagian depan. Sedangkan belakang menggunakan cakram 220mm dengan kaliper satu piston.

Yamaha R6 mengandalkan mesin DOHC 16 katup 4 silinder segaris dengan pendingin cairan berkapasitas 599cc. Dengan menggunakan katup berbahan titanium yang terkenal ringan namun kuat sehingga mampu menghasilkan tenaga yang luar biasa. Mesin ini akan bersanding dengan transmisi enam percepatan.

Memaksimalkan pembuangan hasil pembakaran dalam ruang dapur pacu, pabrikan berlambang garputala ini memiliki fitur Yamaha EXUP System (Exhaust Ultimate Power Valve) yang disematkan pada knalpot berbahan titanium ini. Sistem ini mampu menghilangkan ruang kosong sehingga tenaga dapat terisi penuh dan juga mampu menekan emisi gas buang.
(zwr)


Yamaha FZ8 Kekar dan Agresif
Septian Pamungkas - Okezone

TOKYO - Salah satu motor yang masuk dalam daftar model edisi khusus 50 tahun Yamaha dalam kejuaraan balap dunia motor (Grand Prix) adalah Yamaha FZ8. Motor sport bergaya Streetfighter ini akan mendapat baju baru seperti yang dikenakan motor Jorge Lorenzo dan Ben Spies saat beraksi di kejuaraan MotoGP di seri Laguna Seca dan Assen.

Lantas bagaimana dengan spesifikasi motor ini? Mari kita telisik lebih dalam. Mulai dari rangka. FZ8 ditopang dengan sasis berbahan full alumunium. Untuk meningkatkan efektifitas suspensi belakang, Yamaha menggunakan material CF alumunium. Meski bobot motor lebih ringan, namun mampu memberikan kestabilan meski dilaju dengan kecepatan tinggi.

Tampak depan dan buritan FZ8 memancarkan keagresifan, hal tersebut diwujudkan lewat desain dengan sudut-sudut lancip pada cover lampu utama dan model bodi serta lampu belakang. Tangki besar membuat tampilan motor ini tampak lebih kekar.

Urusan dapur pacu, Yamaha tidak perlu diragukan kualitas performanya. FZ8 mengusung mesin 4 silinder segaris dengan pendingin air berkapasitas 779 cc. Mesin ini klaim mampu menyemburkan tenaga 106,2 PS pada putaran 10.000 rpm dan torsi maksimum 82.0 Nm pada kisaran 8,000 rpm. Emisi gas buang yang dilepas lewat knalpot dengan konverter katalis pun rendah karena telah standar Euro3.

Tenaga besar dan postur yang gagah harus didukung suspensi yahud agar nyaman saat berkendara. Disektor depan berdiri tegak shock upside down 43mm dan shock Monocross dibelakang untuk menaklukan getaran atau guncangan saat melintasi jalan bergelombang. Selain itu suspensi ini dirancang sebaik mungkin agar bekerja dengan baik saat melibas tikungan tajam.

Bagaimana dengan sistem pengeremannya? YZ8 telah diperkuat cakram ganda berdiameter 310mm yang dijepit oleh kaliper rem monoblok empat piston yang ditempatkan dibagian depan. Sementara belakang menggunakan cakram tunggal 267mm dengan kaliper satu piston dari Nissin.
(zwr)